Senin, 28 November 2016

Tempat Nongkrong

Kamis, tanggal 17 November 2016, aku mengambil cuti. Saat itu, aku makan siang di food court Mitra, yang dulunya disebut "Mitra 1". Di situ ada sekumpulan kakek-kakek sedang mengobrol, mungkin mereka bisa disebut "lagi nongkrong". Beberapa kali aku mengunjungi food court Mitra, sepertinya mereka selalu ada. Mereka mengobrol ditemani beberapa gelas minuman, yaitu jeruk dan teh, serta sekotak kue bikang.

Kita, para remaja dan pemuda masa kini, juga suka nongkrong. Biasanya, kita nongkrong di kafe. Kafe pada umumnya menjual makanan dan minuman dengan harga mahal. Konon, harga yang kita bayar di kafe bukan hanya harga sajiannya, namun juga ongkos kita duduk berjam-jam di sana.

Aku sendiri secara umum tidak suka nongkrong di kafe. Aku seringkali kecewa ketika bersantap di kafe karena makanan di sana berharga mahal namun ukurannya kecil dan rasanya biasa saja. Sejauh ini, kafe yang kusukai hanya satu, yaitu kafe di dalam toko "Lai-Lai" di Malang, yang sering orang sebut "Illy". "Illy" sebenarnya adalah merek kopi asal Italia. Kafe itu menggunakan kopi tersebut dan memajang papan nama (papan nama?) "Illy". Mungkin itulah sebabnya orang menyebut kafe itu "Illy".

Hal yang menarik bagiku dari sekumpulan kakek itu adalah mereka nongkrong dengan biaya murah. Coba pikirkan, jika satu orang memesan segelas jeruk atau teh dan 3 buah kue bikang, berapa harga yang harus mereka bayar? Mungkin tidak sampai 15 ribu. Dengan uang sesedikit itu, mereka bisa berkumpul bersama teman-teman dan mengobrol hingga berjam-jam. Bandingkan dengan uang yang harus kita keluarkan ketika kita nongkrong di kafe.

Tapi di masa sekarang, siapalah anak muda yang mau diajak nongkrong di Mitra.. Mitra merupakan mall jadul, yang popularitasnya sudah digeser oleh mall-mall baru yang jauh lebih berkilau. Aku sendiri suka nongkrong di food court Mitra karena romantisme masa lalu (waktu kecil, aku sering pergi ke sana bersama keluargaku). Di sini aku melihat, untuk nongkrong, untuk berkumpul dan mengobrol bersama teman-teman, seringkali kita harus mengeluarkan biaya mahal..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar