Senin, 12 Desember 2016

Channel TV Hilang

Akhir tahun 2008, sebagian channel menghilang dari televisi di Malang. Aku teringat akan peristiwa itu dan aku pikir itu adalah peristiwa yang menarik, itulah sebabnya aku ingin menulisnya.

Dari hasil browsing-ku, ternyata peristiwa itu terjadi pada tanggal 23 Desember 2008. Saat itu, aku kuliah semester 1. Yang hilang adalah channel-channel yang saat itu merupakan channel favorit banyak orang, seperti Trans TV, Trans 7, TV One, dan Global TV. Metro TV juga menghilang, tapi karena televisi di tempat tinggalku memang tidak bisa menerima Metro TV, aku tidak merasa kehilangan. Selain itu, channel-channel TV lokal juga hilang.

Di TV hanya tersisa Indosiar, RCTI, SCTV, ANTV, dan TVRI. Film, komedi, dan berita yang bagus hilang, yang tersisa kebanyakan adalah sinetron.. Betapa kesalnya diriku. Saat itu, sedang terjadi perang besar antara Israel dan Hamas, dan aku hanya bisa menunggu beritanya di TVRI setiap jam 9 malam (kalau tidak salah), sedangkan channel yang lain tidak bisa kuharapkan. Padahal aku berharap bisa menontonnya di TV One, yang notabene adalah stasiun TV berita, sehingga beritanya tentu saja lebih update dan intensif. Karena kesal dan penasaran, berulang kali aku mencoba untuk mereset dan mencari ulang channel di TV kami.

Peristiwa tersebut ternyata terjadi karena persoalan izin, tepatnya "Izin Rekomendasi Kelayakan". Balai Monitor Depkominfo menghukum stasiun-stasiun TV tersebut karena masalah itu. Ceritanya bisa dibaca di link ini :
http://googleweblight.com/?lite_url=http://www.fair-de.com/2009/03/hilangnya-beberapa-stasiun-tv-di-malang.html?m%3D1&ei=NJ6IxNBp&lc=en-ID&s=1&m=657&host=www.google.co.id&ts=1481555957&sig=AF9NednbhrpU90Wqf4gLnYZb4fMSbx0FUg

Kejadian itu berlangsung cukup lama. Mungkin saat itu, aku sudah mulai terbiasa dengan kondisi tersebut. Hingga suatu malam, di pertengahan semester pertama tahun 2009, salah seorang teman (kalau tidak salah Lulut) mengabariku lewat SMS bahwa Trans TV dkk sudah kembali! Aku mencarinya di TV dan ternyata benar! Oh.. Terima kasih Tuhan.. Dari hasil browsing-ku, ternyata itu terjadi pada tanggal 8 April 2009.

Begitulah.. bagaimana menghilangnya saluran TV saat itu dapat menyebabkan hidupku sedikit terasa hampa..